Tentang Kami


بسم الله الرحمن الرحيم

TENTANG KAMI

Segala puji hanya milik Allah Rabb semesta alam, akhir kesudahan yang baik itu bagi orang-orang yang bertakwa, tidak ada permusuhan melainkan terhadap orang-orang yang zalim. Dan aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak untuk diibadahi dengan benar melainkan Allah semata tidak ada sekutu bagi-Nya, Dzat yang mengatur urusan langit dan bumi, Pemilik urusan ilahiyyah dan ubudiyyah atas seluruh makhluk-Nya.

Aku bersaksi bahwa Muhammad –shallallahu ‘alaihi wa sallam– itu adalah hamba dan utusan-Nya sekaligus penutup kenabian, imam bagi orang-orang bertakwa, semoga shalawat dan salam senantiasa tercurahkan sepanjang hari, malam, dan tahun kepada beliau, keluarga dan para sahabat beliau yang baik lagi suci, pemimpin alam semesta setelah para nabi dan rasul.

Adapun setelah itu:

Alangkah indahnya apa yang diucapkan oleh al-Imam, al-‘Allamah (orang yang berilmu), lautan ilmu, seorang pakar, Muhammad bin Abu Bakr az-Zar’iy ad-Dimasyqiy yang dikenal dengan Ibnu Qayyim al-Jauziyyah, hal itu dinyatakan dalam bukunya yang amat agung nan penuh barakah ‘Zaad al-Ma’ad’; ketika beliau –rahimahullah– mengatakan: “Barangsiapa yang menyebarkan pendapat, menyusun kaidah-kaidahnya sesuai dengan pemahaman dan takwilnya; maka tidak ada kewajiban bagi umat ini untuk mengikuti pendapat tersebut, tidak pula (ada kewajiban) menghukumi suatu permasalahan tersebut kepadanya sehingga pendapat tersebut disandingkan dengan apa yang dibawa oleh rasul, jika pendapat tersebut sesuai dan sejalan dengan perkataan rasul, maka kita mempersaksikan bahwa pendapat itu adalah benar dan diterima ketika itu. Namun jika ia menyelisihi perkataan rasul, maka wajib menolak dan membuangnya; jika salah satu dari kedua perkaranya (kesesuaian dan penyelisihan) tidak tampak, maka masalah tersebut ditangguhkan; dan itu merupakan sebaik-baik keadaannya (yakni) bolehnya berhukum dan berfatwa dengan pendapat tersebut atau meninggalkannya.”[1]

Demikianlah keadaannya, jika suatu pendapat itu setelah ditimbang dengan nash ternyata ia mencocokinya, maka pendapat tersebut diterima. Namun sebaliknya jika pendapat tersebut ternyata menyelisihi nash, maka pada saat itu tidak ada kewajiban bagi kita untuk mengikutinya.

Alhamdulillah, saat ini Rumah Belajar Imam Syafi’i hadir ke tengah-tengah saudara sekalian sebagai bentuk sumbangsih kami terhadap dakwah islamiyyah, karena kami melihat saat ini banyak sekali terjadi di antara kaum muslimin yang masih jauh dari agamanya, kita dapati banyak dari mereka yang masih kurang dalam memberikan porsi terhadap ilmu-ilmu agama mereka, khususnya yang berkaitan dengan hak-hak Allah, tentang sunnah Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam-, kitab Allah, akhlaq, adab-adab islami, dan lain sebagainya.  Rumah Belajar Imam Syafi’i merupakan tempat informasi yang berkaitan dengan permasalahan agama maupun permasalahan umum yang terjadi di sekitar kita. Kami berkomitmen (Insyallah) dalam setiap pembahasan kami untuk senantiasa berpegang teguh dengan kitab Allah, hadits Rasulullah yang valid (sah) sesuai dengan apa yang difahami oleh para sahabat beliau dan para ulama setelah mereka yang berpegang teguh dengan jalan mereka.

Mudah-mudahan segala usaha yang kami upayakan ini “berbuah manis” dan tercatat sebagai amalan kebaikan bagi kami di sisi Allah ‘Azza wa Jalla, sebagai pemberat  timbangan amalan kebaikan kami di suatu hari yang mana di hari tersebut tidak lagi bermanfaat harta benda maupun anak keturunan kecuali orang-orang yang datang kepada Allah dengan hati yang selamat, sesungguhnya Allah Ta’ala yang mengurusi itu semua dan Dia Maha mampu atas segala sesuatu..

RUMAH BELAJAR IMAM SYAFI’I


[1]  Zaad al-Ma’aad (1/38)

2 Tanggapan to “Tentang Kami”

  1. Arif Juni 23, 2013 pada 6:21 am #

    bismillah. artikelnya ditambah terus dong……..

    • Rumah Belajar Imam Syafii Juni 26, 2013 pada 6:43 am #

      Insyallah akhi, mudah-mudahan Allah senantiasa memudahkan urusan ini..
      Jazakallah khayran sudah berkunjung dan memberikan komentar di Rumah Belajar Imam Syafii

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: