Apakah Berdzikir Dengan Hati Tanpa Lisan Berpahala?

26 Jun

Gambar

Imam Ibnu Hajar Al-Haitami ditanya tentang perkataan Imam An-Nawawi di akhir bab Majalis Ad-Dikr dalam Syarh Shahih Muslim:

ذكر اللِّسَان مَعَ حُضُور الْقلب أفضل من ذكر الْقلب

‘Berdzikir dengan lisan disertai hadirnya hati lebih afdal dibandingkan berdzikir dengan hati (semata). ‘

Dari perkataannya tadi apakah bisa diambil faidah bahwa jika seseorang berdzikir dengan hatinya tanpa lisannya karena punya udzur ia akan mendapatkan keutamaan atau tidak mendapatkannya? Dan apakah jika ia membaca dalam hatinya tanpa lisannya dan ia tidak memiliki udzur ketika itu, ia bisa mendapatkan keutamaan atau tidak?

Beliau (Ibnu Hajar) menjawab:

الذّكر بِالْقَلْبِ لَا فَضِيلَة فِيهِ من حَيْثُ كَونه ذكرا متعبداً بِلَفْظِهِ، وَإِنَّمَا فِيهِ فَضِيلَة من حَيْثُ استحضاره لمعناه من تَنْزِيه الله وإجلاله بِقَلْبِه، وَبِهَذَا يجمع بَين قَول النَّوَوِيّ الْمَذْكُور، قَوْلهم ذكرالقلب لَا ثَوَاب فِيهِ فَمن نفى عَنهُ الثَّوَاب أَرَادَ من حَيْثُ لَفظه، وَمن أثبت فِيهِ ثَوابًا أَرَادَ من حَيْثُ حُضُوره بِقَلْبِه كَمَا ذَكرْنَاهُ، فَتَأمل ذَلِك فَإِنَّهُ مهمّ، وَلَا فرق فِي جَمِيع ذَلِك بَين الْمَعْذُور وَغَيره، وَالله سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى أعلم.

Berdzikir dengan hati tidak ada keutamaan di dalamnya dari sisi bahwa itu merupakan dzikir yang dihitung ibadah dengan melafalkannya. Hanya saja padanya terdapat keutamaan dari sisi hadirnya hati merenungi makna dzikir berupa penyucian dan pengagungan Allah dengan hatinya.

Dengan ini bisa dikompromikan perkataan An-Nawawi tadi dengan perkataan yang disebutkan para ulama: ‘Berdzikir dengan hati tidak ada pahalanya. ‘

Siapa yang menafikan pahala dzikir dengan hati, maksudnya dari sisi lafalnya. Sedangkan siapa yang menetapkan pahala dzikir dengan hati, maksudnya dari sisi hadirnya hati sebagaimana yang telah kami sebutkan.

Perhatikanlah itu, karena sesungguhnya itu penting. Dan tidak ada perbedaan dalam hal itu antara orang yang mempunyai udzur atau tidak.

Wallahu subhanahu a’lam

Sumber: Al-Fatawa Al-Haditsiyyah hal 35

ABDULLAH IMAM, LC

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: